RSS

Masalah Rambut Rontok

14 Jun

Pastinya sangat mengganggu bagi teman-teman yang sudah pernah merasakan rambut yang rontok. Apalagi buat kaum hawa, rambut adalah mahkota yang paling berharga juga sering dijaga perawatannya. Menurut kaum hawa kebanyakan, dengan mempunyai rambut indah, tentunya semakin menambah kepercayaan diri  mereka. Tetapi yang namanya masalah kerontokan, pastinya tidak bisa dihindarkan. Sering kita mendengar bagaimana perasaan frustasi, juga kekecewaan mereka pada saat menyadari rambut mereka mulai rontok. Apalagi pada saat sehabis keramas, ataupun menyisir rambut terlihat banyak rambut yang rontok. Memang tidak menyenangkan apabila kita mengalami rambut rontok.

Sebelum berfikir bagaimana mengatasi rambut rontok alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok tersebut. Tentunya, lebih baik jika kita mencegah dahulu, daripada sudah terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dengan mengetahui penyebab rambut rontok, akan lebih memudahkan mengatasi rambut rontok yang anda alami.

**  Beberapa penyebab rambut rontok antara lain :

  • Kebiasaan merawat rambut yang tidak baik
  • Tubuh sedang tidak sehat
  • Adanya keturunan rambut rontok.

**  Penyebab Rambut Rontok Karena Kebiasaan Tidak Baik :

  • Pemakaian sisir bergerigi rapat
  • Terlalu sering memanaskan rambut dengan hair dryer, hot curling maupun flat iron
  • Terlalu sering mengikat rambut dengan ketat
  • Terlalu sering mencuci rambut dalam sehari

** Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena tubuh anda tidak sehat antara lain

1. Anemia

Rambut rontok dikarenakan anemia (kurang darah) bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Anda bisa menanganinya dengan memadukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C sendiri membantu penyerapan zat besi lebih efektif.

2. Obat-obatan tertentu
Pemakaian obat-obatan keras yang tidak sesuai dengan dosis atau takaran, seperti antidepresan, diuretik, dan lainnya memiliki efek samping yakni kerontokan rambut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum pemakaian obat tersebut, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut., atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.

3. Hypo atau hyperthyroidism
Ketidakseimbangan hormon yang terjadi bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.

4. Kekurangan kalori
Kebiasaan wanita untuk melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan, termasuk diet ketat rendah kalori, yang menyebabkan keletihan, dehidrasi, maupun keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga rambut.

5. Stres
Tingkat stres yang tinggi menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi beberapa minggu berikutnya. Lakukan relaksasi, bisa melalui  yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-pori rambut sudah tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.

**  Berikut ini juga, tips untuk mengatasi rambut rontok :

1. Pakaikan kondisioner pada saat keramas pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, usahakan meminimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Karena jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.

2. Pada saat Anda memakai kondisioner, usahakan menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
3. Pilih shampo yang herbal, juga ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
4. Usahakan menghindari air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat.
5. Keringkan rambut tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
6. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
7. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.
8. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

 

Pada saat perawatan rambut rontok, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai pencegahan untuk mengatasi rambut yang sudah mulai rontok :

1. Lebih banyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.

2. Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

3. Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.

 

^^   Mencegah lebih baik daripada Mengobati   ^^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 14, 2012 in Tahukah Anda ..

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: