RSS

Mengenal Lebih Manfaat Omega dan Squalene

06 Mei

Tentunya kita semua sudah sering mendengar yang namanya Omega, sudah tentu bukan hal yang asing jika kita termasuk yang sering memperhatikan pentingnya kesehatan. Bisa kita temukan bermacam-macam produk Omega dan Squalen di apotik maupun toko obat, dan juga dengan kandungan yang beragam pula.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi sedikit tentang manfaat Omega dan Squalen ini.

** OMEGA

Omega merupakan asam polyunsaturated atau  lemak baik esensial yang berguna menjaga kesehatan jantung dan otak. Tubuh manusia sendiri tidak dapat memproduksi asam lemak esensial. Untuk memperoleh asam lemak esensial harus mengkonsumsi makanan yang kaya Omega 3, seperti salmon, tuna, dan seafood lainnya. Omega ini juga terdapat pada daging merah, telur alami, dan biji-bijian. Cara lainnya adalah dengan konsumsi suplemen Omega atau biasa yang disebut minyak ikan.

Kita sering mendengar, masyarakat Jepang dan Korea yang lebih banyak mengkonsumsi ikan tuna dan salmon, dimana mereka juga tergolong masyarakat yang tingkat kepikunan paling kecil dibandingkan yang lainnya.

Asam lemak ini termasuk asam lemak yang penting bagi perkembangan otak, dimana akan bekerja untuk merangsang jaringan otak supaya lebih aktif, serta perkembangan mata dan juga jaringan saraf manusia. Kandungan Omega ini adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang berperan sebagai anti-radang alami untuk membantu mereka yang ada masalah radang sendi, asma, atau alergi.

Konsumsi Omega bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung atau pembuluh darah, dimana EPA dan DHA dikonversi menjadi prostaglandin yang mengatur aktivitas sel dan fungsi kardiovaskular.

Beberapa manfaat dari Omega adalah :

1.  Menjaga fungsi jantung

Konsumsi makanan dengan kandungan Omega yang tinggi dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dimana dapat membantu menjaga kinerja jantung, juga meminimalkan resiko gangguan jantung. Hal ini dikarenakan Omega 3 meningkatkan elastisitas arterial, menurunkan resiko aritmia (detak jantung yang abnormal) dan juga tekanan darah tinggi. Konsumsi ikan yang kaya akan Omega secara teratur terbukti meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah).

2.  Meningkatkan kinerja sel otak

Omega membantu meningkatkan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal. Hal ini terbukti secara ilmiah bahwa Omega 3 membantu perkembangan otak dan memori untuk anak-anak dan orang dewasa, dimana dapat membantu dalam proses belajar.  Riset sendiri menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi suplemen Omega saat mengandung dapat meningkatkan IQ bayi yang dikandungnya.

Selain membantu meningkatkan fungsi otak dan memori, omega ini juga membantu menjaga system saraf dalam tubuh manusia, juga mencegah penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti Parkinson dan Alzheimer, yang biasanya menyerang mereka yang sudah lansia.

3.  Membantu mengurangi depresi

Penelitian menunjukkan gangguan depresi terkait defisiensi Omega. Asam lemak membantu mengurangi terjadinya gangguan mood dan depresi ringan. Juga dapat meningkatkan efektivitas pengobatan karena mempengaruhi otak dengan cara yang berbeda dari antidepresan, sehingga menggabungkan Omega 3 dengan obat antidepresan, akan  mengurangi depresi.

4.  Mengurangi resiko pembekuan darah

Omega  memiliki sifat antikoagulan yang mempengaruhi kemampuan trombosit untuk membekukan darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan juga terhindar dari penyumbatan pembuluh darah yang berakibat stroke.

5.  Masalah alergi

Omega membantu mengurangi sindrom dari infeksi sinus, alergi makanan, asma, dan kondisi alergi kulit lainnya seperti eczema dan hives.

6.  Mengurangi nyeri haid

Wanita yang mengkonsumsi Omega mengalami berkurangnya rasa nyeri pada saat haid. Kedua jenis Omega yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) diyakini mengurangi tingkat prostaglandin. Tingkat prostaglandin yang tinggi pada wanita selama menstruasi membuat kontraksi rahim meningkat dan kejang otot.

7.  Omega  sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan secara umum, karena Omega 3 merupakan komponen utama dari retina.

8.  Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Omega dan minyak ikan, membantu mengurangi gangguan dan iritasi kulit, juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

9.  Mengurangi resiko diabetes

Omega  dapat menurunkan trigliserida dan apoproteins, dan tidak ada efek samping pada kontrol glikemik.

10.  Penyerapan vitamin

Omega  juga berperan dalam tingkat penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan vitamin K. Vitamin tersebut diperlukan oleh tubuh kita untuk melawan infeksi, menjaga kesehatan mata dan kulit, sirkulasi jantung, pembekuan darah dan kuat tulang.

11. Mengurangi resiko kanker

Omega menjaga sel baik, dam mencegah munculnya sel buruk, sehingga mampu mencegah munculnya kanker. Riset menunjukkan bahwa Omega3 mampu menurunkan resiko terjadinya kanker prostat dan kanker payudara.

** SQUALENE

Bahan makanan alami diekstrak dari hati jenis ikan hiu botol ( Aizame , Spiny Dog Fish atau Centrophorus atromarginatus garman ). Hiu ini tergolong jenis hiu langka dan terkecil dengan ukuran panjang tubuh tidak lebih dari 1,5 meter dan berat kira-kira 50 kilogram. Sekalipun kecil , ikan hiu ini mempunyai organ tubuh hati yang paling besar dibandingkan dengan jenis ikan hiu lain yang hidup di samudera Pasifik dengan kedalaman 600-1000 meter dengan kondisi lingkungan tanpa cahaya matahari, tekanan tinggi dan miskin akan oksigen.

Squalene adalah zat organik berupa cairan encer seperti minyak , tetapi ia bukan minyak karena tidak mengandung asam lemak atau gugusan COOH , berwarna semu kuning atau putih bening serta berbau khas. In vitro squalene tidak bisa dibuat atau disentisi oleh manusia.

Squalene terdapat di dalam tubuh manusia dan tersebar di semua organ tubuh dan jaringan serta mempunyai sifat yang serbaguna. Ia dapat berbentuk sebagai squalene an sich di dalam tubuh , umpamanya di kulit sebagai komponen utama zat pelicin dan penghalus yang terkandung dalam sebum yang dihasilkan oleh kelenjar talk ( sebasius ). Di dalam hati , squalene digunakan sebagai salah satu bahan Baku dalam pembuatan kolesterol dan steroid. Kolesterol adalah bahan organik yang sangat penting dan ditemukan dalam jaringan seperti lemak , sel membran , otak , susunan saraf , darah dsbnya. Kolesterol juga memegang peranan penting dalam proses metabolisme dan diaktifkan dapat membentuk vitamin D. Kolesterol bisa juga diproses menjadi hormon.

Tanpa hormon manusia adalah tidak berdaya secara fisik , mental , seksual maupun sosial. Dengan demikian tidaklah mengherankan , kalau squalene dianggap sebagai salah satu bahan makanan sehat alami yang ajaib, sangat populer dan digemari masyarakat Jepang dan Korea.

Dengan minum squalene setiap hari secara teratur akan memulihkan tenaga dan kekuatan , serta menghilangkan rasa letih lesu. Disamping itu squalene dapat meringankan dan menyembuhkan berbagai gejala penyakit.

Berikut ini ada beberapa produk Omega dan Squalene yang bisa menjadi pilihan Anda..

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tips  :

  • Pada saat pengobatan, juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Diusahakan untuk berpantang makanan untuk mereka yang ada pantangannya.

Sumber : Majalah Trubus, Majalah Nurmala

                                               ^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 6, 2012 in - Rumah Herbal, Rumah Suplemen

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: