RSS

Berbagai Pengobatan dengan Daun Kumis Kucing

25 Apr

Kumis Kucing (Orthosipon Spp) kadang disebut juga remujung, songot koneng, giri-giri marah, kidney tea plants, java tea, merupakan tanaman obat dengan tinggi tanaman mencapai 2 meter bahkan lebih.  Batang tanaman bersegi empat, terdapat alur, namun tidak nampak nyata. Daun Kumis Kucing berbentuk khas bulat lonjong, lanset, lancip pada bagian ujung, juga ada yang tumpul, sedangkan bunga Kumis Kucing sangat mencolok dengan adanya rambut-rambut putih memanjang, yang secara umum lurus mendatar, walaupun ada yang tegak mengarah ke atas dan agak ke bawah. Tanaman ini mengandung : ortosifonin, garam kalium, saponin, tannin. Daun kumis kucing di teliti mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Daun Kumis Kucing  memiliki manfaat yang banyak sebagai obat, salah satu alternatif yang umumnya dipakai dalam pengobatan herbal yang sekarang banyak dipergunakan.

*Manfaat daun Kumis Kucing sebagai obat :

  1. Rematik
  2. Sakit pinggang
  3. Memperlancar saluran air kemih (diuretik)
  4. Batuk
  5. Susah BAB (sembelit)
  6. Masuk angina
  7. Radang ginjal
  8. Kasus batu ginjal
  9. Kencing manis
  10. Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Penggunaan Daun kumis kucing dalam pengobatan :

1.      Sakit rematik

Siapkan 1 sendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal ¾ gelas. Kemudian disaring dan diminum 1x sehari.

2.      Sakit pinggang

Siapkan 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing yang sudah dicuci. Kemudian direbus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

3.      Masuk angin

Siapkan 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

4.      Demam

Siapkan 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

5.      Nyeri buang air seni

Siapkan 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, kemudian direbus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan 3x sehari.

6.      Batu ginjal

–          Siapkan 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari.

–          Siapkan 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, kemudian direbus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

7.      Radang ginjal

Siapkan 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

Demikianlah beberapa khasiat daun kumis kucing, semoga bermanfaat dan cepat sembuh

Tips :

  • Pada saat pengobatan dengan daun kumis kucing, juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Usahakan berpantang makanan, untuk mereka yang mempunyai pantangan makanan tertentu selama pengobatan.

Sumber : Majalah Trubus, Majalah Nurmala

^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 25, 2012 in - Rumah Herbal

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: