RSS

Berbagai Pengobatan dengan Daun Jambu Biji

24 Apr

Jambu biji Genus Psidium  terbagi atas banyak spesies. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah,juga beberapa tempat di kepulauan Karibia, dan Afrika Utara. Namun kini tanaman ini telah dibudidayakan di berbagai tempat di dunia, khususnya di daerah tropis dan subtropis.

Spesies jambu biji yang paling banyak ditemui adalah spesies jambu biji apel (Psidium guajava), merupakan komoditas jambu biji yang lazim. Buah jambu biji layak menyandang gelar “superfruit“, oleh karena banyaknya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Buah jambu biji kaya akan vitamin A dan C, juga bijinya mengandung  kandungan asam lemak tak jenuh omega-3 dan omega-6 juga serat makanan dalam jumlah tinggi. Kandungan vitamin C buah jambu biji spesies Psidium guajava setara dengan 4 kalinya kandungan vitamin C pada jeruk.

Jambu biji mengandung karotenoid dan polifenol, yakni kelompok antioksidan utama, menjadikannya buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Buah jambu biji yang berwarna merah atau kekuningan memiliki manfaat lebih sebagai sumber antioksidan dibandingkan dengan buah yang berwarna kehijauan. Selain buahnya yang segar dan banyak mengandung vitamin C, ternyata daunnya juga bermanfaat membasmi bakteri penyebab diare pada sistem pencernaan kita. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, polifenol, karoten, flavonoid dan tannin. Dengan begitu banyak kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit.

Selain buah yang mengandung nilai gizi tinggi, daun jambu biji memiliki manfaat untuk kesehatan. Ekstrak daun dan batang jambu biji memiliki khasiat terhadap kanker, inflamasi, infeksi bakteri, dan nyeri. Minyak atsiri daun jambu biji memiliki khasiat anti kanker. Dalam pengobatan tradisonal, daun jambu biji sering digunakan untuk pengobatan diare, serta diabetes.

Manfaat daun jambu untuk kesehatan :

  • Diare.

Siapkan daun Jambu biji seberat 30g, tambahkan segenggam tepung beras dan air 2 gelas, kemudian direbus, diminum airnya 2 kali sehari.

  • Sariawan.

Siapkan beberapa lembar daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya, kemudian direbus dengan 1 liter air, saring dan diminum 2 kali sehari.

  • Kencing manis.

Siapkan 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, setelah itu disaring dan diminum 2 kali sehari.

  • Ambeien.

Siapkan beberapa lembar daun jambu batu muda ditambah sebuah pisang batu, dan dicuci bersih, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasan di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.

  • Luka berdarah atau borok di sekitar tulang.

Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit, lakukan beberapa kali sehari.

  • Kembung pada anak anak.

Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

Demikian beberapa khasiat daun jambu, semoga bermanfaat dan cepat sembuh

Tips :

  • Karena kandungan vitamin C yang tinggi,merupakan sumber antioksidan yang alami.sangat bagus untuk melawan toksin serta meningkatkan daya tahan tubuh,juga memperlambat proses penuaan.
  • Pada saat pengobatan dengan daun jambu,juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Usahakan berpantang makanan untuk mereka yang mempunyai pantangan makanan tertentu selama pengobatan.

Sumber : Majalah Trubus, Majalah Nurmala

^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 24, 2012 in - Rumah Herbal

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: