RSS

Berbagai Pengobatan dengan Daun Salam

22 Apr

Daun salam dalam bahasa latin Syzygium polyanthum / Eugenia polyantha

Secara umum, karakteristik tumbuhan ini memiliki pohon dengan tinggi dapat mencapai hingga 25 meter,  dan memiliki akar tunggang. Daun salam sendiri memiliki helaian bentuk lonjong hingga elips dengan ujung yang meruncing. Penggunaan daun salam yang kebanyakan untuk bumbu dapur.

Tetapi, ternyata penggunaan daun salam sendiri bisa juga untuk pengobatan herbal untuk beberapa macam penyakit. Penggunaan daun salam sebagai obat disebabkan kandungan pada daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Ekstrak daun salam menunjukkan kecenderungan dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan 2 jam setelah makan terutama pada kadar gula darah.

Manfaat daun salam ini untuk kesehatan :

1. Sakit lambung / maag

  • Siapkan 15-20 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih. kemudian rebus dengan 1/2 liter air dan ditambahkan gula merah. Diminum setiap hari sampai rasa perih di lambung menghilang.

2. Kencing manis

  • Siapkan 7  lembar daun salam dan dicuci bersih. kemudian direbus dengan perbandingan 3 gelas tersisa 1 gelas. Diminum setiap hari sampai kadar gula kembali normal.

3.  Alergi kulit

  • Daun salam, kulit batang juga akar pohon dicuci bersih. kemudian digiling sampai halus. tambahkan sedikit air, dan ditempelkan di tempat yang sakit.

4.  Diare

  • Siapkan 10 helai daun salam dan dicuci bersih. kemudian direndam dalam air panas selama 15-20 menit. Setelah disaring,tambahkan garam.

5.  Asam urat

  • Siapkan 10 lembar daun salam dan dicuci bersih. kemudian direbus dengan perbandingan 3 gelas air menjadi 1 gelas. Diminum 1x sehari.

6.   Mengatasi kolesterol tinggi

  • Siapkan  7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Demikianlah beberapa khasiat daun salam, semoga bermanfaat dan cepat sembuh

Tips :

  • Pada saat pengobatan dengan daun salam, juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Diusahakan untuk pantangan makanan bagi mereka yang ada pantangan makanan tertentu selama pengobatan.

   ^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2012 in - Rumah Herbal

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: