RSS

Berbagai Pengobatan dengan Daun Pepaya

22 Apr

Daun pepaya  nama latin Carica papaya merupakan tanaman  dari Meksiko selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Saat ini buah pepaya telah menyebar keseluruh dunia dan banyak di tanam di Negara-negara tropis.

Manfaat daun pepaya sudah banyak digunakan untuk kesehatan maupun pengobatan herbal,melalui uji klinis beberapa ahli disimpulkan daun pepaya bisa digunakan untuk melawan berbagai jenis penyakit tumor ataupun kanker terutama kanker serviks. Daun pepaya mengandung senyawa karpain yaitu alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan kandungan senyawa ini daun pepaya tak hanya mampu untuk melawan tumor dan kanker, tetapi mampu membunuh mikroorganisme yang berbahaya bagikesehatan manusia.

Meskipun memiliki rasa yang pahit, daun papaya teryata dapat digunakan melawan berbagai macam penyakit, juga untuk mengatasi penyakit kanker. Beberapa ahli menyebutkan kemampuan daun pepaya  melawan berbagai macam penyakit tumor sangat menakjubkan.

 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan :

Mengatasi jerawat

  • Siapkan 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua,kemudian dijemur sampai kering (warna sedikit kehitaman dan menjadi renyah) kemudian ditumbuk sampai halus.
  • Campurkan bubuk yang sudah halus dengan sedikit air,kemudian dimaskerkan di wajah secara merata.setelah agak kering dibasuh dengan air hangat.

Nyeri saat haid

  • Siapkan beberapa lembar daun papaya dan dicuci bersih. Kemudian direbus dengan perbandingan 2 lembar untuk 1 gelas air. Tambahkan garam dan sedikit asam jawa. Diminum 1x sehari.

 Sakit keputihan

  • Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.

Mencegah demam nifas

  • Siapkan sehelai daun pepaya muda dan dicuci bersih. Kemudian direbus dengan gula aren. Perbandingannya segelas air sampai airnya tinggal ½ gelas.

Melancarkan ASI

  • Siapkan beberapa helai daun pepaya dan dicuci bersih. Kemudian layukan di atas api. Setelah agak hangat ditaruh di sekeliling payudara.

Malaria dan demam

  • Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

Menambah nafsu makan

  • Sehelai daun pepaya segar dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.

Malnutrisi

  • Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

Flu

  • Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak, dan empat kali sehari       

Demikianlah beberapa khasiat daun pepaya, semoga bermanfaat dan cepat sembuh

Tips :

  • Pada saat pengobatan dengan daun pepaya, juga bisa dicampurkan dengan obat yang lainnya. Selang waktu 1-2 jam untuk masing-masing.
  • Diusahakan untuk pantangan makanan bagi mereka yang ada pantangan makanan tertentu selama pengobatan.

  Sumber  :  Majalah Trubus, Majalah Nirmala

^^  Semoga Cepat Sembuh ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2012 in - Rumah Herbal

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dihubungi kembali

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: